Bisa Memengaruhi Orang Lain! Kenali 5 Strategi Teknik Marketing Social Proof
(Pexels/Towfiqu barbhuiya)
Social proof adalah kecenderungan orang untuk membeli barang atau mencoba jasa karena pengaruh orang lain atau rating suatu toko.
Tentu teknik ini akan sangat berpengaruh kepada penjualan, dan akan meningkatkan awareness sebuah brand di mata orang lain.
Sebetulnya ada teknik yang bisa dilakukan untuk pengaplikasian social proof ini, berikut beberapa tekniknya yang sudah IAM.ID rangkum di bawah ini!
1. Perbanyak Review dari Pelanggan
Ketika ingin mencoba teknik ini, hal pertama yang bisa dilakukan ada dengan memperbanyak review atau ulasan dari para pelanggan kamu nih.
Hal ini penting karena bisa memengaruhi pelanggan, soal review juga, ada beberapa cara agar kamu dapat review pelanggan:
Review sukarela. Pelanggan akan menuliskan ulasannya menggunakan produk secara sukarela sesuai apa yang mereka rasakan di media sosial.
Baca juga: Jenis-Jenis Campaign Marketing yang Bisa Rekan Brand Lakukan
Review e-commerce. Jenis ulasan yang sering dijumpai di marketplace, di dalam etalase barang tersebut terlihat siapa saja dan berapa jumlah orang memberikan rating.
Review benefit. Rekan brand akan memberikan benefit atau keuntungan kepada pelanggan jika melakukan review produk yang dijual. Misalnya berupa voucher atau diskon tertentu.
2. Mengadakan Diskon Besar
Demi mendapatkan ulasan atau dicoba oleh orang banyak, bisa mengandalkan dengan diskon. Pada dasarnya memang orang-orang cenderung beli produk yang telah laku terjual.
Maka dari itu, sebagai pemancingnya berikan diskon besar demi mendapatkan penjualan yang banyak, tetapi harus dibarengi dengan kualitas produk yang baik juga ya.
Baca juga: 5 Hal yang Harus Rekan Brand Perhatikan Sebelum Endorse Influencer
Jika memiliki toko di marketplace, bisa mengikuti flash sale dan berikanlah penawaran menarik seperti potongan harga, gratis ongkir dan lain sebagainya.
3. Gunakan Trik Promosi di Media Sosial
Karena masyarakat Indonesia merupakan pengguna aktif media sosial juga, akan sangat empuk jika memainkan trik promosi di sana.
SobatIAM bisa mengadakan diskon bersyarat untuk meningkatkan awareness produk kita, sehingga konsumen akan mengunggah review menarik mereka.
Baca juga: Lebih Hemat, Berikut 5 Manfaat Brand Melakukan Paid Promote ke Influencer
Selain itu bisa juga mengadakan kuis berhadiah, mengunggah hasil review orang-orang terhadap produk kita bahkan beriklan menggunakan Instagram ads maupun TikTok ads.
4. Gunakan Peer Promotion
Biasanya apa yang sudah teman dekat atau orang terdekat seperti keluarga kita pakai, kita tidak ragu mencoba salah satu brand bukan? Inilah yang dinamakan peer promotion.
Pihak brand tentu harus mengeluarkan sedikit budget untuk memberi sampel gratis kepada keluarga atau teman terdekat.
Baca juga: Pengen Endorse dan Paid Promote Influencer Tapi Budget Minim, Begini Cara Mengaturnya!
Mintalah mereka membuat review di media sosial masing-masing, biar keluarga atau orang terdekat akan percaya dan membeli produk yang sama.
5. Menggunakan Jasa Influencer
Nah, terakhir teknik yang ampuh dengan menggunakan jasa seorang influencer. seperti yang kita tahu juga seorang influencer atau content creator punya pengaruh yang besar di media sosial.
SobatIAM bisa mengirimkan produk secara gratis dan ditukar dengan konten review menarik dari influencer, atau paid promote biar pengikut influencer ini tahu produk kamu.
Apalagi, biaya paid promote atau endorse ini sangat terjangkau untuk brand baru, namun hasilnya akan berdampak besar seperti peningkatan penjualan atau awareness.
Nah, itu tadi beberapa teknik yang bisa dilakukan oleh SobatIAM yang punya brand dan ingin digunakan orang banyak melalui teknik social proof. Semoga artikel ini membantu ya!
Comments
No Comment yet