Bisa Membantu Bisnis, Begini 5 Cara Memilih Influencer yang Tepat
(Freepik)
Di tahun 2022 ini, pasti sudah banyak campaign atau promosi yang sudah dilakukan rekan brand agar produk semakin dikenal dan mendongkrak penjualan.
Salah satu channel untuk mempromosikan sebuah brand yakni menggunakan jasa influencer. namun, memilih pun tidak asal milih ya, ada caranya lho!
Biar campaign di tahun 2023 tetap berjalan makin ciamik, berikut iam.id rangkum beberapa tips memilih influencer yang tepat. Simak sampai akhir ya!
1. Mencari influencer yang relevan dengan brand atau produk
Karena banyaknya influencer yang ada saat ini, baik di platform TikTok, Instagram bahkan Twitter, pasti ada rasa kebingungan mana yang tepat untuk promosi bisnis SobatIAM.
Karena pada dasarnya ada influencer yang cocok dan yang tidak. Agar tidak sulit, cobalah cari yang sesuai relevansinya dengan target pasar.
Baca juga: Anti Ribet, Berikut Penjelasan Fitur di Aplikasi IAM.id Bagi Influencer
Misalnya jika menawarkan bisnis skincare, maka carilah influencer yang memiliki niche di bidang kecantikan, fashion atau travelling.
Target audiens yang melihat konten promosi brand SobatIAM dengan bantuan influencer akan lebih dipercaya, karena merasa sosok yang mempromosikan ahli di bidangnya.
2. Kenali audiens influencer tersebut
Sebelum memilih, ada baiknya untuk mengetahui dahulu audiens dari si influencer tersebut agar mengetahui gambaran seperti apa sih ketertarikannya.
Baca juga: Panduan Singkat Fungsi Fitur Analytics IAM Influencer untuk Rekan Brand
Dengan demikian, bisa tahu apakah influencer tersebut punya audiens yang besar dan sesuai tidak dengan citra brand yang sedang dibangun?
Jika sudah tahu target audiensnya, maka rekan brand juga tahu lebih mudah dalam membuat konten promosi tersebut.
3. Mulailah jalin komunikasi dengan influencer
Biasanya, influencer akan senang jika ditawari oleh kerja sama, atau bahkan mereka yang menawarkan diri dengan mencantumkan konten di akun profil media sosial mereka.
Saat menghubungi influencer untuk kerja sama, cobalah untuk berikan persyaratan dan ketentuan terkait kerja sama tersebut.
Baca juga: 5 Ide Konten Instagram Reels yang Menarik untuk Bisnis!
Melalui kontrak yang jelas, menguntungkan kedua belah pihak, SobatIAM pun akan lebih jelas dan meminimalisir miskomunikasi dan hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.
4. Kenali engagement rate influencer
Sebelum melihat sosok influencer, ada pertimbangan lain dalam pemilihan, yakni dengan mengetahui engagement rate nya nih.
Tingkat keterlibatan akan menunjukkan seberapa baik orang-orang merespon konten yang sudah dibuat oleh influencer tersebut, dan itu akan berpengaruh dalam menjalani kerja sama.
Baca juga: Sangat Bermanfaat, Berikut 4 Fitur Instagram yang Mendukung Promosi Produk
Semakin tinggi keterlibatan influencer tersebut, biasanya akan semakin potensial untuk mempromosikan sebuah brand, dan membantu dalam campaign yang sedang dibuat.
5. Gunakan platform influencer
Terakhir gunakan platform influencer dalam mencari influencer yang tepat. Platform ini sangat membantu dalam menemukan influencer dan menjadi mitra bisnis di kemudian hari lho.
Jika SobatIAM mencari influencer mulai dari nano, micro, macro bahkan mega, IAM.id bisa membantu rekan brand dalam mencari influencer dengan mudah dan sesuai dengan target audiens.
Melalui platform IAM Influencer, rekan brand bisa memilih mana influencer yang tepat untuk campaign yang dibuat. Jika sudah menentukan influencer, SobatIAM bisa cek sejauh mana keterlibatan konten yang dibuat dan memonitor campaign yang sedang jalan.
Nah, mudah bukan? Tunggu apa lagi, buat rekan brand yang memaksimalkan influencer marketing tentu akan membantu dalam promosi dan mendongkrak penjualan.
Comments
No Comment yet