Biar Pelanggan Betah, Kenali 4 Strategi Tingkatkan Rasio Customer Retention
(Freepik/rawpixel-com)
Setiap bisnis pastinya ingin para pelanggannya betah dan dan tidak lari ke kompetitor, tentunya membuat mereka tidak lari ke brand lain perlu upaya yang dilakukan.
Dengan pelanggan yang loyal dan setia kepada brand kita tentunya akan meningkatkan pendapatan yang lebih nih.
Maka dari itu, kenali beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan rasio customer retention, berikut IAM.ID akan merangkumnya di bawah.
1. Banyak Pilihan Produknya
Strategi pertama biar pelanggan setia kepada brand kita dengan menawarkan banyaknya pilihan produk yang bisa mereka pilih.
Karena bisa saja alasan pelanggan tidak membeli produk kita karena tidak ada pilihan produk lainnya. Dengan banyaknya pilihan produk, pelanggan tidak akan jenuh dengan yang itu-itu saja.
2. Melakukan Up-Selling dan Cross-Selling
Dua strategi marketing ini ampuh dalam meningkatkan penjualan lho. Bahkan strategi ini juga efektif untuk tingkatkan retensi pelanggan.
Dalam up-selling pemilik brand bisa menawarkan produk sejenis yang lebih mahal dan bernilai untuk pelanggan. Sedangkan cross-selling perusahaan menawarkan produk lain yang bisa melengkapi produk utamanya.
3. Jalin Komunikasi Secara Personal
Biasanya, orang betah dengan satu produk karena sudah tahu keunggulan, keistimewaan dan kedekatan dengan produk tersebut.
Baca juga: Apa Itu Return On Ad Spend (ROAS) dan Mengapa Hal Itu Penting?
Maka, menjalin hubungan secara personal sangat efektif nih. komunikasi ini bisa dilakukan dengan cara mengirim email, WhatsApp atau channel lainnya.
4. Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan
Biar pelanggan betah, tentunya kita perlu juga meningkatkan kualitas produk dan layanan. Pasalnya, sekeras apapun mencoba merayu memakai produk atau layanan, jika tidak dibarengi dengan kualitas maka sama saja nih.
Pada akhirnya jika kualitas tidak juga ditingkatkan mereka akan mencari brand kompetitor. Maka dari itu, kualitas produk dan layanan perlu beriringan.
Ternyata meningkatkan customer retention ini perlu strategi yang matang seperti meningkatkan kualitas produk, menawarkan banyak produk hingga menjalin komunikasi dengan pelanggan. Hal itu akan membantu brand kamu jadi lebih dilirik oleh pelanggan!
Comments
No Comment yet