Apa itu Riset Kompetitor, dan Apa Saja Manfaat Melakukannya?
(Freepik/master1305)
Pemilik bisnis pastinya akan merasakan brand kita bersaing dengan orang lain. Untuk mengetahui celah dan menambah keunggulan produk kita, biasanya akan melakukan riset kompetitor.
Nah, jika SobatIAM belum tahu apa itu riset kompetitor, berikut ini beberapa informasi yang sudah IAM.ID rangkum mengenai riset kompetitor.
Apa Itu Riset Kompetitor?
Riset kompetitor adalah proses analisis produk, perusahaan, hingga strategi pemasaran kompetitor atau pesaing bisnis yang sedang kamu incar nih.
Dalam memilih kompetitor, ada hal yang perlu kamu perhatikan nih, misalnya memilih kompetitor yang tepat untuk kamu analisis atau riset.
Bisa juga cari tahu aspek mana yang layak kamu analisis dari kompetitor, mengetahui di mana kamu akan mencari data-datanya dan memahami bagaimana kamu menggunakan hasil analisis untuk meningkatkan bisnis.
Apa Manfaat Melakukan Riset Kompetitor?
Melakukan riset kompetitor ada beberapa keuntungan nih, seperti membantu dalam mengidentifikasi proposisi nilai unik pada produk atau jasa yang kamu miliki.
Kemudian, kamu bisa mengenali apa yang membuat produk atau jasa kamu berbeda dari produk pesaing yang ada nih.
Baca juga: Mengenal Apa Itu Support Media, Teknik Pemasaran yang Mudah Dijumpai!
Selain itu, manfaat yang didapatkan bisa melakukan identifikasi informasi kompetitor, karena akan berguna dalam kampanye pemasaran untuk mengungguli kompetitor.
Manfaat terakhir adalah bisa mengetahui kelemahan kompetitor, dan mempelajari kebutuhan customer lewat ulasan pelanggan.
Dengan begitu kamu bisa menambah fitur yang sebenarnya pelanggan butuhkan di produk yang sedang kamu buat.
Nah, itu tadi beberapa manfaat dan pengertian dari riset kompetitor. Apakah kamu sudah melakukannya SobatIAM?
Comments
No Comment yet