Apa itu Fitur Collaboration di Instagram Beserta Manfaatnya
(Freepik/rawpixel.com)
Saat ini, siapa sih yang tidak main Instagram? Mungkin hampir seluruh dari kita bermain media sosial yang memanjakan melalui foto dan video yang ada di aplikasi tersebut.
Apalagi, Instagram menjadi platform paling populer di dunia. Banyak influencer atau pelaku usaha yang memanfaatkannya nih, apalagi banyak fitur yang menarik salah satunya collaboration.
Maka dari itu, fitur ini perlu dimaksimalkan terus nih untuk pelaku brand dan influencer. Berikut iam.id rangkum beberapa manfaat dari fitur collaboration.
Apa itu Fitur Collaboration Instagram?
Melalui versi terbarunya, Instagram memunculkan fitur bernama collaboration. Secara sederhana, fitur ini memungkinkan SobatIAM untuk melakukan kolaborasi dengan akun lain.
Nah, nantinya, mulai dari data tentang like sampai komentar postingan tadi akan terbagi pada kedua akun yang melakukan kolaborasi. Fitur ini tidak bisa digunakan langsung kepada orang yang ingin diajak kolaborasi ya.
Baca juga: Tidak Sulit, Berikut 7 Tips Merintis Menjadi Influencer Instagram
Jika SobatIAM ingin mengajak kolaborasi, nantinya notifikasi akan muncul dan jika disetujui orang tersebut, maka kolaborasi akan terjadi. Mudah bukan?
Nah, dari keuntungan ini, kita bisa melihat banyak lagi keuntungan yang bisa didapatkan, apa
saja?
1. Kerja sama konten jadi lebih mudah
Jika biasanya kita melihat dua akun mengunggah konten yang sama sebagai bentuk dari kolaborasi, melalui fitur ini maka proses pembuatan postingan ini akan lebih dipermudah lho.
Dalam melakukannya, cukup satu akun saja yang membuat konten, lalu akun lain tinggal menyetujui sebagai bentuk kolaborasi.
Baca juga: Sedang Dikembangkan, Berikut 4 Fitur Terbaru Instagram
Maka, melalui cara ini, semua akun tidak harus membuat postingan, apalagi cara ini jauh lebih cepat dan mudah ketimbang kedua orang mengunggah konten yang sama.
2. Bisa menjangkau banyak pengikut
Bayangkan saja, jika sedang menjalin kerja sama dengan salah satu influencer, maka pengikut influencer tersebut juga akan melihatnya.
Hal ini memungkinkan para pengikut tahu unggahan tersebut, tahu sedang bekerja sama dengan siapa dan akan menjangkau pengikut yang lebih luas.
Baca juga: Influencer Perlu Tahu, Mengenal Apa Itu Engagement dan Cara Meningkatkannya!
Tentu ini menjadi keuntungan tersendiri, melalui jangkauan yang lebih luas, banyak orang yang melihat maka target audiensnya akan semakin besar pula.
3. Like dan komentar bersama
Manfaat lain dari penggunaan fitur ini adalah memungkinkan like dan komentar pada postingan tersebut akan muncul pada akun kolaborator.
Jika tidak menggunakan fitur kolaborasi, maka like dan jumlah komentar akan berbeda pada tiap akun yang bekerja sama. Sesuai dengan kemampuan masing-masing akun saja.
Baca juga: Sering Diabaikan, Ini Dia 5 Manfaat Live Melalui Instagram
Namun jika menggunakan fitur ini, postingan tersebut akan menjadi milik bersama, sehingga jumlah komentar dan juga like akan digabung nih.
4. Bisa tingkatkan engagement
Nah, manfaat terakhir yang bisa diperoleh dari fitur Instagram ini adalah bisa menaikan engagement dari kedua akun. Asik kan?
Nantinya kedua akun yang berkolaborasi ini juga akan berbagi interaksi yang sama. Itu artinya, engagement akan jadi milik kedua akun.
Jika postingan kolaborasi itu menarik, maka akan menaikan dari segi engagement rate.
Banyak sekali manfaat tentunya dalam memaksimalkan fitur ini. Jangan ragu untuk gunakan fitur lainnya di Instagram untuk membantu brand atau influencer menjangkau audiens yang lebih luas dan juga bisa membuat konten yang menarik.
Comments
No Comment yet