Apa Itu Employee Advocacy dan Perannya Dalam Digital Marketing
Employee advocacy merupakan sebuah strategi pemasaran yang memanfaatkan karyawan suatu perusahaan menjadi juru bicara atau advokat brand mereka sendiri di media sosial dan platform online lainnya. Ini melibatkan karyawan untuk membagikan konten perusahaan, merekomendasikan produk atau layanan, atau bahkan berpartisipasi dalam kampanye influencer marketing.
(Sumber: Campaign Creators/ Unsplash)
Baca juga: 10 Strategi Efektif Menggabungkan Influencer Marketing dengan Iklan Tradisional
Nah untuk memahami lebih jauh tentang Employee Advocacy, berikut IAM.id rangkum 7 peran penting Employee Advocacy dalam Digital Marketing.
1. Meningkatkan Reputasi Merek
Melalui suara karyawan, perusahaan dapat membangun reputasi yang kuat di dunia digital. Karyawan sering dianggap lebih dapat dipercaya daripada iklan atau materi pemasaran tradisional.
Baca juga: 8 Strategi Influencer Marketing Dalam Mempertahankan Reputasi Merek
2. Meningkatkan Jangkauan dan Keterlibatan
Dengan memiliki karyawan yang berbagi konten perusahaan, jangkauan konten dapat diperluas ke jaringan karyawan masing-masing. Hal ini juga dapat meningkatkan keterlibatan dengan pelanggan dan menjangkau audiens potensial.
3. Meningkatkan Lalu Lintas Situs Web
Dengan karyawan membagikan tautan ke situs web perusahaan, ini dapat meningkatkan lalu lintas situs web dan membantu dalam strategi SEO.
Baca juga: 8 Cara Maksimalkan Keberhasilan Kampanye Dengan Influencer Marketing yang Terintegrasi
4. Meningkatkan Konversi
Rekomendasi produk atau layanan dari karyawan dapat memiliki dampak yang kuat pada keputusan pembelian konsumen, yang juga mampu meningkatkan tingkat konversi.
5. Membangun Budaya Perusahaan yang Positif
Employee advocacy dapat membantu memperkuat budaya perusahaan yang positif dengan mendorong karyawan untuk merasa bangga dengan perusahaan tempat mereka bekerja.
6. Meningkatkan Keterlibatan Karyawan
Dengan melibatkan karyawan dalam aktivitas pemasaran, perusahaan dapat meningkatkan keterlibatan karyawan dan memperkuat hubungan mereka dengan brand.
7. Meningkatkan Keunggulan Bersaing
Perusahaan yang menggunakan employee advocacy secara efektif dapat memiliki keunggulan kompetitif dalam pasar yang ramai dan kompetitif.
Nah itu dia 7 peran penting Employee Advocacy dalam Digital Marketing yang mampu memperkuat eksistensi brand di dunia maya, bahkan mengoptimalkan strategi pemasaran.
Baca juga: Tips Memahami Audiens: 5 Penerapan Audience Insight dalam Influencer Marketing
Bagi sobat IAM yang mau menerapkan employee advocacy untuk brand-nya, jangan khawatir karena IAM.id juga memiliki pelayanan Employee Advocacy yang profesional dan efektif dalam memaksimalkan strategi pemasaran online.
Jangan sampai ketinggalan informasi lainnya dengan terus membaca kumpulan artikel seputar Social Media Management di sini ya!
Comments