Apa Itu Brand Activation dan Apa Pentingnya Bagi Bisnis?
Brand activation merupakan salah satu strategi marketing yang bertujuan untuk menghidupkan suatu brand melalui interaksi yang bermakna melebihi iklan- iklan tradisional yang telah ada karena aktivasi brand memiliki tujuan untuk menciptakan hubungan yang lebih dalam antara sebuah brand dengan audiens.
Sesuai dengan tujuannya, brand activation dapat mencakup berbagai aktivitas, mulai dari siaran langsung, kampanye media social, hingga hal lain yang menciptakan pengalaman lebih dari sekedar keterlibatan antara brand dan konsumen secara pasif. Hal ini memperlihatkan bahwa brand activation diharapkan mampu menghasilkan respon positif dan hubungan emosional sehingga dapat membentuk dampak jangka Panjang pada konsumen yang mempengaruhi persepsi dan perilaku mereka pada sebuah brand.
(sumber: freepik, rawpixel.com)
Baca juga: Rekomendasi 5 Channel Youtube Untuk Belajar Digital Marketing
Strategi brand activation ini dapat digunakan untuk brand yang baru launching maupun brand yang sudah ada.
Untuk lebih mudah dalam memahami strategi brand activation, kenali 4 elemen penting yang dimiliki strategi aktivasi brand ini.
1. Experiental Marketing
Pemasaran dengan konsep memberikan konsumen pengalaman yang lebih dekat ini bisa didapatkan melalui sebuah event atau pengalaman interaktif lainnya yang mengizinkan konsumen dapat berinteraksi dengan brand secara langsung dan lebih dekat.
Strategi seperti event ini memberikan konsumen pengalaman berharga dan pandangan yang lebih baik terhadap brand karena di dalam suatu event, biasanya sebuah brand menawarkan acara- acara yang menarik, bahkan kesempatan mendapatkan produk secara gratis sehingga mengundang konsumen lainnya untuk datang dan bertransaksi, apalagi disertai promosi produk gratis atau promosi lainnya.
2. Social Media Campaign
Saat ini, lebih banyak orang yang mengandalkan koneksi internet dalam kehidupannya termasuk dalam memenuhi kebutuhan sehari- hari mereka. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk strategi brand activation dengan cara melakukan kampanye di media social yang banyak digunakan seperti Facebook, Instagram dan TikTok.
3. Influencer Collaboration
Salah satu elemen atau strategi penting yang tercakup dalam mencapai tujuan aktivasi brand adalah kolaborasi dengan influencer. Bekerjasama dengan influencer yang memiliki tujuan serupa dengan brand dapat menambah jangkauan audiens lebih luas dan menambah kredibilitas sebuah brand.
Baca juga: Sebelum Bangun Bisnis, Ketahui 5 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik
4. Partnership & Sponsorship
Bekerjasama dengan brand lain yang serupa juga dapat meningkatkan pencapaian tujuan brand activation lho. Ajaklah kerjasama brand lain yang serupa dan terkait untuk ikut meramaikan sebuah acara, event, atau store. Kerjasama dan saling mendukung ini akan membantu meningkatkan visibilitas, menciptakan persaingan yang sehat karena setiap brand punya ciri khas masing- masing, juga dapat menciptakan nilai- nilai kebersamaan.
Nah itu dia sekilas mengenai Brand Activation yang ternyata penting juga bagi kemajuan sebuah brand.
Jangan sampai ketinggalan update informasi lainnya seputar Digital Marketing di sini ya!
Sumber:
Comments
No Comment yet