6 Kiat Menghadapi Resesi dari Content Creator Josh Harmon!
(Instagram.com/josh_harmon_)
Mungkin tak
sedikit orang bilang bahwa tahun depan kita akan menghadapi resesi, terlepas
dari benar atau tidaknya, seorang konten kreator ternama Bernama Josh Harmon pun
sampai membahas persoalan tersebut lho!
Josh
merupakan seorang YouTuber sekaligus content creator yang memiliki lebih
dari 4juta pengikut di TikTok berkat konten uniknya yakni Rhythms Comedy yang
menirukan suara adegan film atau kartun menggunakan barang yang tak terduga.
Nah, Josh
Harmon ini punya tips lho untuk content creator bahkan influencer dalam
mempersiapkan resesi yang akan datang. Berikut iam.id merangkum tipsnya di
bawah ini. Simak bersama yuk!
1. Terus jalin komunikasi dengan
audiens
Bagi seorang
content creator, penonton atau pemirsa merupakan aset terbesar. Menurut Harmon,
seperti dilansir dari Insider, seorang kreator mesti terus terhubung
secara sering dengan penggemarnya
Temukan
cara untuk berkomunikasi dengan penggemar Anda dengan cara yang tidak
bergantung pada keinginan platform media sosial," kata Harmon.”
Jika sering
berinteraksi, saat bekerja sama dengan brand dalam mempromosikan produk,
menggaet audiens bukan hal yang sulit karena memiliki kedekatan sebelumnya.
2. Berinvestasi untuk konten diri
sendiri
Sebagai seorang
kreator, tentu perlu berinvestasi juga pada kualitas peningkatan diri sendiri,
yang berarti menambah kekuatan dari segi konten.
Harmon pernah
membeli lampu yang sangat menunjang kualitas kontennya, walaupun terkesan
mahal, ia memikirkan bahwa demi kualitas yang baik mengapa tidak mampu
mengeluarkan lebih besar?
Jadi, para
kreator jangan ragu untuk upgrade apapun yang menunjang kebutuhan
sebagai seorang pembuat konten dan influencer ya!
3. Mengelola keuangan
Memang banyak
tawaran yang masuk kepada seorang konten kreator, dan jika sedang memiliki
project yang lumayan besar, Harmon mengingatkan untuk menyisihkan sejumlah uang
untuk tabungan.
Harmon selalu
melakukan pengecekan pendapatan dan pengeluaran sebagai acuan dan modal untuk
menghadapi resesi jika ini terjadi.
4. Membangun hubungan profesional
Membangun relasi
dan jejaring akan menguntungkan bagi seorang pembuat konten. Bagaimana tidak,
kehidupan seorang kreator dan influencer pasti berhadapan dengan audiens banyak
bahkan perwakilan brand.
Dalam menjaga
jejaring, Harmon selalu membalas pesan dengan segera dan sopan kepada mitra profesional
atau orang yang memberikan tawaran pekerjaan. Hal ini bertujuan untuk membangun
hubungan baik.
5. Sering sharing dengan kreator lain
Sebagai seorang
kreator, tentu kehidupan tidak berpusat kepada diri sendiri saja, melainkan perlu
berhubungan erat dengan orang lain, terutama sesame content creator.
Menjaga hubungan
dengan kreator lain memungkinkan kita mendapatkan informasi baru bahkan
pengetahuan baru yang didapat terutama soal tren dan sharing terkait
periklanan dan pemasaran.
Ketika sedang
terpuruk, para rekan kreator ini juga tak segan akan membantu sebisa mereka. Jadi,
menjaga jejaring itu merupakan hal penting.
6. Jangan remehkan diri sendiri
Memang hal
yang didepan mata terlihat buruk setelah dijalani tidak terlalu buruk. Saat resesi
dan kecemasan ekonomi kian menjamur, jangan menganggap diri sendiri tidak mampu
menghadapinya.
Harmon mengatakan
bahwa setiap kreator perlu optimis dan jangan meremehkan potensi yang ada pada
diri sendiri.
Cobalah yakinkan
diri bahwa kita itu kreatif dan bisa membuat konten kreatif serta menarik. Seburuk
apapun keadaan, jika berpikiran optimis dan percaya kemampuan akan
menyelamatkan dari resesi yang akan datang.
Dari Harmon
kita belajar banyak nih SobatIAM, terutama poin jangan meremehkan diri sendiri
apalagi membandingkan dengan kreator lain. Kita itu unik dan bisa kok membuat
konten yang menarik, asalkan percaya diri dengan kemampuan yang ada!
Comments
No Comment yet