5 Tantangan yang Akan Dihadapi dalam Bisnis Online
(Freepik/tirachardz)
Mantengin media sosial memang menjadi hal umum yang kita lakukan setiap harinya. Dan terkadang, banyak hal yang menarik untuk disimak, misalnya konten video lucu, cerita motivasi atau sekedar berbagi pengalaman setiap orangnya.
Dengan adanya media sosial juga pelaku usaha dimudahkan dalam menjalani bisnisnya, karena bisa mempromosikan produk yang dijual lewat online. Bukan berarti kemudahan ini bisa tidak menemui hambatan dan tantangan lho.
Oleh sebab itu, mari sama-sama mengetahui tantangan yang akan dihadapi para pelaku bisnis dalam menjalankan usahanya melalui online. Berikut iam.id ulas di bawah ini!
1. Banyak kompetitor dan perang harga
Seiring berjalannya waktu dan perkembangan yang kian pesat, pelaku usaha atau sebuah brand bisa menjual produknya dengan mudah melalui online, tidak perlu sewa tempat, modal besar atau lainnya.
Tentu, banyaknya pesaing ini menjadi tantangan yang akan dihadapi, apalagi produk yang dijual mirip dengan kompetitor. Hingga akhirnya banyak yang memainkan perang harga ini agar mendapat banyak pelanggan.
Baca juga: Bisa Membantu Bisnis, Begini 5 Cara Memilih Influencer yang Tepat
Padahal, menggunakan strategi perang harga tidak selalu menjadi kunci dalam persaingan bisnis lho, SobatIAM harus tahu bahwa ada strategi yang bisa dilakukan demi menarik target audiens yang disasar.
2. Maraknya penipuan
Tidak sedikit orang yang ragu berbelanja online, karena khawatir tokonya tidak jujur dan rawan penipuan. Padahal, tidak semua bisnis online itu tidak jujur lho, banyak yang terpercaya dan memberikan pelayanan prima.
Bukan customer saja yang mesti hati-hati saat belanja, pelaku bisnis juga harus waspada terhadap orderan fiktif. Selalu cek rincian setiap pembelian, jangan sampai ada pembelian fiktif masuk dan membuat transaksi palsu, misalnya mengirimkan resi bank palsu sebagai bukti sudah bayar.
Baca juga: Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar, Tujuan dan Manfaatnya untuk Bisnis!
Selalu berikan informasi akurat kepada customer, agar pembeli tidak mudah tertipu mengatasnamakan brand SobatIAM.
3. Rekap segala hal berkaitan keuangan
Memang menjual produk banyak pasti akan menguntungkan, namun jika salah perhitungan maka akan jadi kendala nih di bisnis yang sedang dikelola.
Oleh karena itu, cobalah untuk selalu mencatat pemasukan dan pengeluaran dalam pembukuan keuangan sekecil apapun. Dengan memiliki catatan keuangan, akan memudahkan untuk melakukan penelusuran jika sewaktu-waktu ada hal yang tidak diinginkan.
Baca juga: 5 Tips Membangun Brand Awarenss untuk Pelaku Bisnis
Melalui catatan keuangan inilah SobatIAM bisa melihat sejauh mana perkembangan bisnis yang dikelola terus tumbuh.
4. Jasa pengiriman dan layanan kurang prima
Tak sedikit pelanggan mengeluhkan terkait pengiriman, dan berimbas pada nama sebuah brand. Misalnya terlambat dalam mengirim, paket rusak di jalan atau tidak diantarkan.
Pastinya kecewa, namun demi mengatasi masalah di atas, pilihlah jasa pengiriman yang terpercaya agar bisa diterima dengan aman dan tepat waktu.
Baca juga: Apa Itu Brand Awareness, dan Manfaatnya Bagi Pelaku Usaha
Apalagi, jasa pengiriman menjadi kunci sukses sebuah brand dalam membangun reputasi bisnis online yang sedang dijalankan. Sediakan juga pilihan pengiriman lengkap dan alur jika mengalami kendala dalam pengiriman.
5. Customer yang banyak maunya
Pembeli adalah raja, yup mungkin peribahasa itu tepat jika dikaitkan dengan bisnis online nih. Apalagi jika dihadapkan dengan customer yang banyak maunya dan mencari kesalahan.
Dalam berbisnis online, kesabaran, ketelitian dan menangani customer sangatlah penting dalam membangun citra baik sebuah brand. Walaupun tidak bertemu langsung, layani dengan sepenuh hati agar mereka tertarik dan nyaman berbelanja di toko online kita.
Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan adalah kecepatan dalam membalas pesan, karena biasanya customer tidak sabaran, maka pemilik bisnis online harus responsive dan cepat dalam menangani masalah pelanggan.
Nah, itu tadi beberapa tantangan yang akan dihadapi oleh para pemilik brand bahkan pemilik usaha online nih. Walaupun bisnis online ini menjanjikan, jika dilakukan dengan sebaik mungkin dan tahu strategi dalam menyasar audiens, dijamin deh toko tidak pernah sepi dan penjualan terus naik!
Comments
No Comment yet