5 Strategi Konten dan Contohnya yang Bisa Digunakan Untuk Ide Konten Sehari- hari
Persaingan konten semakin memanas seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan platform media sosial di era akbar digital saat ini. Banyak brand dan influencer baik yang nano hingga mega bergelar selebritas bersaing dalam konsistensi untuk menyajikan konten terbaik mereka untuk menarik hati algoritma dan para pengguna.
Selain menjalankan langkah- langkah efektif dalam membuat konten yang baik, strategi yang memaparkan cara membuat konten berdasarkan tujuannya juga diperlukan sebagai pedoman yang memunculkan ide- ide dalam menyusun jadwal konten terbaik.
(Sumber: Brooke Lark/ Unsplash)
Baca juga: Masih Bingung Buat Konten yang Baik? Kenali Anatomi Konten yang Harus Diperhatikan
Berikut IAM.id rangkum 5 contoh strategi konten berdasarkan tujuannya.
1. Tujuan Entertain
Konten yang berujuan menghibur biasanya menggunakan pembahasan trend nyeleneh terkait kehidupan sehari- hari yang sedang marak dibicarakan, atau bisa dengan membuat meme, challenges, bahkan giveaway.
2. Tujuan Sales
Konten yang bertujuan menjual bisa mengangkat tema insight atas sebuah brand atau produk, kisah atau pengalaman menarik dalam menggunakan suatu produk, proses pembuatan, atau konten promosi.
Baca juga: Pahami 7 Teknik Optimasi Media Sosial Untuk Brand dan Influencer Pemula
3. Tujuan Edukasi
Konten yang mengedukasi tentu saja adalah konten yang diharapkan akan memberikan nilai tambah kepada pengguna lainnya seperti tips, tutorial, strategi, atau penjelasan langkah- langkah suatu proses.
4. Tujuan Inspirasi
Konten yang menginspirasi biasanya berupa kutipan kata- kata Mutiara, beragam nasehat dan peringatan, pembelajaran, kisah nyata, bahkan dapat berupa konten before after.
5. Tujuan Engagement
Konten yang bertujuan menarik keterlibatan merupakan konten yang biasanya berisi seputar pertanyaan yang sering ditanyakan, polling, sesuatu yang mengundang kontroversi (tapi perlu diperhatikan dalam memposting konten ini), update terbaru seputar hiburan, dan bisa juga seputar bahasan terkait mitos- mitos yang beredar.
Nah itu dia 5 strategi konten berdasarkan tujuannya serta contoh- contohnya.
Baca juga: Brand Harus Tahu! 3 Strategi Dalam Memanfaatkan Konten UGC di Tahun 2024
Baik itu influencer maupun brand, sebaiknya memiliki tujuan dalam memposting sebuah konten, walau jika hanya bertujuan menarik engagement.
Jangan sampai ketinggalan informasi lainnya dengan terus membaca kumpulan artikel seputar Social Media Management di sini ya!
Comments
No Comment yet