5 Strategi Ampuh Menjalankan Digital Marketing di Bulan Ramadhan
(Freepik/senivpetro)
Selama menjalani ibadah puasa, tentunya rekan influencer akan gencar buat konten bertema Ramadhan bahkan endorse.
Pun dengan rekan brand, pastinya akan menjalankan serangkaian aktivitas marketing selama bulan puasa, termasuk campaign.
Demi menjalani campaign atau menarik perhatian audiens, gimana strategi yang tepat menjalaninya ya? Berikut IAM.ID merangkum beberapa strategi jalani digital marketing yang optimal!
1. Buat Promo Diskon Special Ramadhan
Bagi rekan brand, tidak ada salahnya memberikan sebuah promo buat para pengikut setia selama bulan Ramadhan.
Momen ini menjadi momen tepat melaksanakan kegiatan marketing tersebut, karena biasanya kompetitor akan memberikan diskon juga, rekan brand jangan mau kalah.
Sehingga, para audiens akan memilih diskon terbaik mana nih yang cocok dengan mereka. Maka perlu strategi yang tepat dalam menawarkan diskon tersebut.
2. Berikan Value Lebih
Bukan hanya konten jualan, para rekan brand juga harus memberikan value lebih agar diapresiasi dan dihargai oleh audiens.
Selingi konten jualan dengan konten yang bermanfaat dan sesuai kebutuhan mereka seperti tips menghemat pengeluaran di bulan puasa.
Buatlah konten yang sesuai dengan target audiens, sehingga konten tersebut tepat sasaran dan lebih berdampak.
3. Perhatikan Jam Tayang
Selama bulan Ramadhan, waktu tayang pun akan berubah. Ketika hari biasa mungkin aktif di malam hari, saat bulan puasa, akan aktif di sore menjelang buka atau waktu sahur sampai subuh.
Perlu diketahui juga bahwa kecenderungan orang-orang menggunakan ponsel pintar mereka selama Ramadhan terjadi pada pukul 16-17 dan pukul 5-8 pagi.
Baca juga: 4 Tips Memaksimalkan Endorse Biar Lebih Efektif bagi Brand
Cara lain untuk mengetahui waktu terbaik menjalankan campaign digital yakni dengan menganalisa campaign selama bulan Ramadhan. Pastinya ada waktu-waktu tertentu yang tinggi interaksi atau keterlibatannya.
4. Buat Storytelling Terkait Ramadhan
Jika kita melihat iklan sirup brand Marjan, di hari-hari biasa, itu tandanya bulan puasa udah dekat. Apalagi campaign tersebut erat kaitannya dengan storytelling yang engaging.
Baca juga: Faktor yang Berkaitan Terkait Pengaruh Endorse Selebgram Terhadap Minat Pembeli
Nah, rekan brand juga bisa lho memanfaatkan dengan membuat storytelling selama bulan Ramadhan, yang menceritakan atau menggambarkan orang yang berbuka puasa dan keceriaan menggunakan produk yang dimiliki rekan brand.
5. Jangan hanya Selling, Buat juga Konten Bertema Ramadhan
Karena lagi momen Ramadhan, ada baiknya untuk mengemas konten nuansa Ramadhan, walaupun tidak berhubungan dengan Ramadhan, bisa juga kok buat desain konten bernuansa Ramadhan.
Buat juga copywriting yang bertema Ramadhan ya, contohnya seperti sapaan untuk berbuka puasa, sahur atau quotes Islami untuk memotivasi ibadah orang-orang.
Nah, dari strategi di atas, mana nih yang akan dieksekusi terlebih dahulu oleh SobatIAM? Jangan sampai kelewatan momen baik ini ya!
Comments
No Comment yet