5 Cara Tingkatkan Engagement untuk Akun Instagram Sebuah Brand
(Freepik/lookstudio)
Saat ini, engagement rate bisa dibilang menjadi tolok ukur kesuksesan sebuah social media marketing yang dijalankan.
Jika kebetulan akun brand SobatIAM menurun drastis, bisa jadi disebabkan karena kontennya tidak menarik atau tidak melakukan riset pasar dulu nih.
Tapi tenang, karena cara ini bisa meningkatkan engagement sebuah akun, berikut iam.id akan merangkumnya di bawah ini.
1. Tahu terlebih dahulu siapa audiens kamu
Ketika mengelola sebuah akun, rekan brand kudu tahu dulu siapa target audiens kamu nih. Dan ini bisa di cek melalui insight Instagram.
Analytics tools milik Instagram ini bisa menampilkan demografi sekaligus performa konten, misalnya gender, usia, lokasi, waktu online dalam jam atau hari, followers, reach, impression, profile view dan masih banyak lagi.
Baca juga: Kenali 5 Tren Marketing yang Akan Happening Tahun 2023
Dengan melihat itu, barulah bisa evaluasi konten mana yang memiliki engagement yang cukup baik, sehingga bisa memaksimalkan campaign lainnya.
2. Konsisten dalam membuat konten
Demi engagement yang tinggi, akun kita perlu mengunggah konten secara konsisten dan teratur, dibarengi dengan konten yang menarik.
Ada banyak ide konten menarik untuk brand, misalnya menyajikan informasi yang dibalut dengan visual seperti infografik.
Baca juga: Tahu dari Teman Lalu Membeli Produk, Kenali Strategi Word of Mouth
Buat juga konten otentik yang jadi ciri khas brand SobatIAM, maka orang-orang akan mudah mengingatnya.
3. Buat konten video dan carousel
Saat ini, orang berlama-lama menonton konten video, walaupun video memiliki engagement yang rendah, namun SobatIAM bisa membeli waktu audiens.
Apalagi, jika orang tersebut mantengin dan nonton sampai selesai, pastinya akan mencapai reach yang tidak sedikit.
Baca juga: 5 Tantangan yang Akan Dihadapi dalam Bisnis Online
Selain video, unggahan carousel juga bisa berpotensi memiliki engagement rate yang tinggi lho. Isi saja kontennya dengan topik edukasi, konten how to yang berpoin-poin untuk menarik diskusi.
4. Manfaatkan Instagram Story
Bukan hanya post konten feed atau reels saja, memanfaatkan Instagram Story ini sangat potensi untuk menggaet engagement lho.
Apalagi, orang-orang menilai aktif tidaknya sebuah akun dari seberapa sering dia mengunggah story nya bukan? Ditambah, banyak fitur yang menarik yang bisa diulik untuk menarik interaksi orang-orang.
Baca juga: Sering Disebut Mirip, Kenali Perbedaan Marketing dan Advertising
Tentunya Instagram Story ini bisa dijadikan sebagai ajang ngobrol dengan orang-orang, sehingga bisa meningkatkan engagement dengan mudah.
5. Sematkan CTA di caption yang dibuat
Media sosial memang berfungsi membangun interaksi, penyampaian yang digunakan pun harus bisa mengajak audiens untuk ngobrol nih.
Salah satu caranya dengan menggunakan caption yang menggunakan kalimat ajakan atau Call To Action (CTA). Misalnya “Kalau tertarik klik tautan di story kita ya” dan sejenisnya untuk meningkatkan traffic Instagram.
Nah, dalam pembuatan konten tentunya tidak asal-asalan nih, diperlukan riset terlebih dahulu sesuai dengan kesukaan target audiens, sehingga menciptakan konten yang powerfull dan memiliki engagement yang tinggi.
Comments
No Comment yet