5 Cara Mudah Membuat Brand Persona untuk Bisnis Baru
(Freepik/rawpixel.com)
Terkadang, pelaku bisnis tidak menyadari bahwa memiliki persona sebuah brand atau brand voice ini penting dalam menjaring konsumen supaya loyal.
Melalui brand persona ini, setiap merek bisa berinteraksi dan menanamkan rasa percaya kepada target audiens karena sesuai dengan apa yang mereka inginkan.
Bagi bisnis baru, berikut tips dalam membangun brand persona, simak informasi selengkapnya yang sudah iam.id rangkum di bawah.
1. Tentukan kita ingin dikenal sebagai apa
Ada banyak persona brand yang bisa dipilih. Tentunya, value dan daya tarik emosional lah yang perlu dikuatkan oleh sebuah brand.
Karena dengan begitu, kita mudah menyasar target audiens. Tanyakan kepada diri sendiri, “Siapa kita?” dan apa yang membuat kita berbeda sehingga konsumen memilih produk yang kita tawarkan.
Baca juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Edit Video bagi Influencer
Selain itu, cobalah pikirkan apa yang bisa ditawarkan kepada konsumen, bagaimana cara berinteraksi dengan target audiens dan ciri khas atau pesan virtual apa yang merepresentasikan brand kita.
2. Tau ingin menyasar target audiens yang mana
Dalam penentuan persona, menyasar target audiens sangat lah penting lho SobatIAM. Karena kita bisa menyusun strategi seperti apa untuk pemasarannya.
Setiap brand tentunya harus menjawab segala kebutuhan sekaligus solusi dari permasalahan yang mereka alami.
Baca juga: Mudah dan Cepat, Berikut 5 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto untuk Influencer
Dengan memahami audiens, akan lebih mudah dalam membuat konten ataupun strategi pemasaran yang lebih potensial lainnya.
3. Tuangkan dalam bentuk desain
Jika kita lihat akun Instagram dan Twitter @netflix, kita tidak asing dengan meme atau candaan yang relate di keseharian dikaitkan dengan film dan serial yang ada di layanan Netflix sendiri.
Nah, biar persona ini melakat seperti kasus Netflix tadi, tuangkan ide dan pendekatan melalui desain, logo, tipografi atau karakteristik lainnya yang membedakan brand SobatIAM dan kompetitor.
Baca juga: 4 Tips Mencari Ide Konten untuk Influencer Pemula
Sehingga, orang bisa mengenali ciri khas yang ada pada suatu brand, dan memiliki karakter yang kuat akan disukai oleh target audiens.
4. Jangan lupa interaksi
Bak seseorang, kita perlu berbincang dengan orang lainnya. Inilah yang akan dilakukan oleh SobatIAM dalam persona brand.
Jangan salah, brand persona ini salah satunya juga terbentuk karena cara komunikasi dengan publik. Maka dari itu penting untuk berinteraksi serta membangun relasi dengan para konsumen setia atau bahkan orang lain.
Baca juga: Digemari Anak Muda, Berikut 5 Kiat Menjadi Influencer Gaming!
5. Konsistensi adalah kunci
Terakhir, dalam memaksimalkan aktivitas bisnis melalui brand persona, kita perlu konsisten dalam membagikan konten yang ada nih.
Mulai dari konten, penyampaian dan lainnya perlu konsisten, karena jika berubah-ubah, akan sulit bagi konsumen untuk memahami apa yang sebuah merek wakili.
Nah, sudah tidak bingung kan dalam membuat brand persona? Seperti apa kita di mata orang lain, tergantung penyampaian dan cara kita komunikasi dengan target audiens, jika sudah mendapatkan sisi emosionalnya, konsumen pun tak akan ragu bahkan percaya dengan brand yang SobatIAM miliki.
Comments
No Comment yet