5 Cara Mudah Jualan di Instagram, Bisa Bantu Promosikan Produk
(Freepik/tonodiaz)
Setiap pemilik bisnis, pasti sudah memikirkan strategi bagaimana agar brand yang dimiliki dilirik orang bahkan bisa mendatangkan penjualan yang signifikan.
Maka tak heran, banyak pelaku usaha yang memanfaatkan media sosial untuk kebutuhan promosi mereka. Selain murah, hal ini efektif dalam berjualan.
Nah, tanpa basa-basi lagi, berikut tips mudah berjualan di Instagram, iam.id akan merangkum informasinya untuk rekan brand semua.
1. Membuat Instagram bisnis
Jika ingin berjualan di Instagram hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat akun bisnis. Melalui akun bisnis ini, akan mudah melihat siapa audiens yang mengikuti akun Instagram SobatIAM.
Baca juga: Mengenal Apa Itu Segmentasi Pasar, Tujuan dan Manfaatnya untuk Bisnis!
Caranya cukup mudah juga. Pertama, buat nama dan username yang unik dan mudah diingat, lalu klik garis tiga yang ada di pojok kanan profil.
Setelah itu pilih setting – account lalu scroll ke bawah dan pilih switch to professional account. Maka ikuti langkah selanjutnya sampai akun SobatIAM jadi akun bisnis.
2. Buat konten berkualitas
Dalam pembuatan konten, pastinya tidak melulu soal hard-selling, dalam konten media sosial, buatlah content pillar yang berisi mengenai konten edukasi, entertainment, inspirasi atau konten yang meyakinkan.
Baca juga: 5 Tips Membangun Brand Awarenss untuk Pelaku Bisnis
Agar produk jualan menarik, tentunya konten yang dibuat juga menarik. Misalnya memperhatikan pencahayaan, background dan lainnya.
Sematkan juga caption yang jelas dan menjelaskan keunggulan dan kebutuhan customer agar informatif dan semakin mudah calon pembeli mengetahui detail mengenai produk.
3. Manfaatkan link URL bio Instagram
Tentunya dalam berjualan online kita mesti memanfaatkan fitur yang ada di Instagram itu sendiri, termasuk link URL yang ada di bio.
Banyak pelaku usaha yang menggunakan URL ini untuk mempromosikan bisnisnya. Sehingga pelanggan bisa menemukan produk lainnya, marketplace, kontak, bahkan website resmi.
Baca juga: Jenis TikTok Ads yang Bisa Mendukung Campaign Rekan Brand
Jika ingin menyematkan untuk tautan, gunakan linktree. Menambahkan URL di bio Instagram juga bisa meningkatkan traffic ke toko online dan website lho!
4. Gunakan Instagram shopping
Ada banyak kemudahan dalam berbelanja online, dan saat ini tren yang sedang bergulir adalah menempatkan media sosial sebagai marketplace.
Termasuk fitur Instagram Shopping ini, di sana rekan brand bisa mengunggah katalog seperti label harga, nama produk, deskripsi produk, tautan dan lain sebagainya.
Baca juga: Rekan Brand Hati-Hati, Ini 5 Kesalahan dalam Promosi Produk
Tujuan adanya fitur ini agar bisa meningkatkan penjualan sebuah brand dan engagement, karena produk bisa dibeli dengan satu kali klik, tanpa gonta ganti aplikasi. Mudah bukan?
5. Berkolaborasi dengan influencer
Tak dapat dipungkiri bahwa menjalin kerja sama dengan influencer akan menambah brand awareness dan efektif dalam mempromosikan produk.
Rekan brand bisa memilih influencer mulai dari nano, micro, macro bahkan mega. Dalam meningkatkan penjualan dan bisa dikenal, melalui IAM.id sebagai platform influencer bisa membantu rekan brand dalam mempromosikan produk.
Rekan brand juga bisa membuat campaign, memilih influencer yang tepat, memonitor seberapa jauh campaign ini
berpengaruh sesuai dengan tujuan diadakannya campaign tadi.
Maka dari itu, jangan ragu untuk gunakan iam.id sebagai partner promosi bisnis dengan melibatkan influencer karena bisa menyasar target audiens dengan mudah dan anti ribet.
Comments
No Comment yet