4 Trik Psikologi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan
(Freepik/jcomp)
Sebagai pemilik brand atau UMKM, menggaet konsumen menjadi kunci supaya mereka mau menggunakan produk kita.
Nah, ternyata ada trik yang bisa dilakukan untuk memainkan sisi psikologis konsumen lho. Yuk simak selengkapnya yang sudah IAM.ID rangkum di bawah ini!
1. Gunakan Angka 9 pada Harga Produk
Kamu pasti sering lihat tag harga Rp399.000, dan kamu membelinya karena cukup mudah dan tidak sampai Rp400.000, nah trik ini disebut charm price, dua harga yang sama namun bisa berhasil menarik minat konsumen.
Trik ini cukup efektif untuk meningkatkan penjualan pada berbagai jenis produk, mulai dari fisik hingga produk digital.
2. Membandingkan Harga Awal dengan Harga Diskon
Nah, trik selanjutnya adalah membandingkan harga aslinya dengan harga diskon untuk membuat konsumen terpincut nih.
Alasannya pelanggan dapat melihat besaran manfaat yang didapat berkat adanya penurunan harga, sehingga mereka tidak mau kehilangan kesempatan melewatkan promo yang tersedia.
3. Buat Kesan Langka pada Produk
Kamu pernah dong lihat barang yang tertera di marketplace dengan tulisan “Sisa 4 lagi” dan inilah yang menjadi trik dalam memainkan psikologis pembeli.
Baca juga: Mengenal Apa Itu Viral Marketing Beserta Contohnya!
Cara ini cukup ampuh apalagi dengan bantuan call to action (CTA) seperti “beli sekarang juga” atau “jangan sampai kehabisan”
4. Gunakan Social Proof
Nah, cara terakhir biar orang-orang mau menggunakan produk kita adalah dengan membaca hasil ulasan atau kata pelanggan setelah mencoba produk tersebut.
Dengan review yang baik akan mudah menggaet pelanggan baru sehingga mereka mau mencoba produk yang sudah dicoba orang lain dengan hasil baik.
Ternyata trik itu sering dipakai oleh brand-brand yang ada nih untuk menggaet para pembeli baru. Gimana nih, kamu sudah menerapkannya belum SobatIAM?
Comments
No Comment yet